Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Gandum Utuh sebagai MP-ASI untuk Bayi

Yuk, Kenalkan Si Kecil dengan Gandum Utuh Sejak Dini!

 

Tahukah Ibu, asupan serat sangat penting untuk melengkapi kebutuhan gizi Si Kecil? Selain buah dan sayur, sumber makanan yang mengandung serat tinggi juga dapat ditemukan pada biji-bijian, salah satunya adalah gandum utuh. Memasuki usia 6 bulan, Ibu dapat mengenalkan makanan yang terbuat dari gandum utuh sebagai pilihan MP-ASI untuk bayi.

Kamis, 8 Maret 2018

Menurut studi dari American Academy of Pediatrics, mengenalkan gandum utuh lebih dini kepada Si Kecil dapat membantu kurangi risiko alergi gandum. Selain itu, gandum utuh juga memiliki beragam manfaat bagi tumbuh kembang Si Kecil, lho. Yuk, simak info selengkapnya di bawah ini!

Sumber Karbohidrat

Gandum utuh adalah sumber karbohidrat dengan indeks glikemik atau kadar gula yang rendah, sehingga dapat mengurangi risiko diabetes pada Si Kecil. Dengan mencukupi asupan karbohidrat Si Kecil, Ibu dapat mendukung aktivitasnya untuk bermain dan belajar. Sebab, karbohidrat merupakan salah satu nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi.

Mengandung Vitamin & Mineral

Selain karbohidrat, gandum utuh juga mengandung vitamin dan mineral untuk mengoptimalkan tumbuh kembang Si kecil. Vitamin B kompleks dibutuhkan untuk mendukung fungsi daya tahan tubuh dan sistem saraf, serta bantu menjaga kesehatan kulit. Sedangkan kandungan mineral seperti zat besi berperan penting untuk membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia.

Mengurangi Risiko Obesitas

Seperti Ibu ketahui, gandum utuh termasuk jenis biji-bijian yang memiliki kandungan serat tinggi. Makanan yang mengandung serat tinggi dapat membantu waktu pengosongan lambung menjadi lebih panjang, karena makanan di lambung diproses secara perlahan. Hal ini dapat menyebabkan Si Kecil merasa kenyang lebih lama, sehingga Ibu dapat membantu Si Kecil agar tidak makan berlebihan dan mendukungnya tumbuh sehat!

Bantu Mencegah Konstipasi

Gangguan kesehatan pencernaan yang sering dirasakan Si Kecil seperti sembelit atau konstipasi, bisa disebabkan karena kekurangan asupan serat. Untuk itu, Ibu dapat mencukupi kebutuhan serat sang buah hati dengan menyiapkan makanan yang mengandung gandum utuh.

Melatih Kemampuan Makan

Gandum utuh sebagai asupan gizi untuk bayi, dapat bantu melatih Si Kecil untuk mengunyah makanan karena teksturnya yang berserat. Saat mengunyah makanan, peredaran darah di dalam gusi dapat berjalan dengan optimal, sehingga dapat mendukung kesehatan gusi dan rahang Si Kecil.

Nah, ternyata gandum utuh memiliki banyak manfaat untuk mendukung tumbuh kembang  Si Kecil, ya. Untuk itu, Ibu dapat mengenalkan sumber pangan ini ketika Si kecil berusia 6 bulan dengan memberikannya bubur sereal. Lalu, ketika Si Kecil telah berusia 10 bulan ke atas, Ibu bisa memberikannya Nestlé CERELAC NutriPuffs sebagai camilan sehat yang terbuat dari gandum utuh. Dirancang dengan bentuk yang sesuai dengan ukuran jari Si Kecil, snack terbaru dari Nestlé ini dapat bantu melatih kemandiriannya untuk makan sendiri (self-feeding).

Yuk, kenalkan Si Kecil dengan MP-ASI untuk bayi yang terbuat dari gandum utuh, agar Ibu dapat mencukupi kebutuhan gizi hariannya dan mendukung tumbuh kembangnya!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.