Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Cari berbagai cara meningkatkan daya ingat anak sejak dini

Yuk, Rangsang Daya Ingatnya Sedari Dini!

 

Memiliki anak yang cerdas tentu merupakan impian setiap orang tua. Umumnya, salah satu faktor kecerdasan tersebut adalah daya ingat yang kuat. Jika daya ingat Si Kecil sudah ditingkatkan sedari dini, hal ini akan memiliki efek yang luar biasa terhadap perkembangan kecerdasannya kelak. 

Selasa, 26 April 2016

Memiliki anak yang cerdas tentu merupakan impian setiap orang tua. Umumnya, salah satu faktor kecerdasan tersebut adalah daya ingat yang kuat. Jika daya ingat Si Kecil sudah ditingkatkan sedari dini, hal ini akan memiliki efek yang luar biasa terhadap perkembangan kecerdasannya kelak.

Namun, tentu saja memori yang kuat sangat tergantung pada kesehatan dan vitalitas otak, yang ditentukan oleh asupan nutrisinya. Karena itu, pastikan Ibu selalu memberikan Si Kecil nutrisi terbaik dalam menu hariannya.

Tips Merangsang Daya Ingat Si Kecil

Nah, selain faktor nutrisi, tentu Ayah dapat melakukan beberapa hal untuk melatih otak dan merangsang daya ingat Si Kecil sejak dini. Apalagi, di masa keemasan ini otaknya sedang berkembang dengan sangat pesat dan sangat memengaruhi kecerdasannya di masa depan. Inilah saat yang paling tepat untuk memberinya berbagai rangsangan yang tepat. Yuk, simak beberapa cara meningkatkan daya ingat anak  yang bisa Ayah coba!

• Berikan Waktu Tidur yang Cukup
Selalu biasakan Si Kecil memiliki pola tidur yang cukup dan teratur, karena hal tersebut dapat mengistirahatkan otak dan mengembangkan kreativitasnya. Oleh sebab itu, jangan biasakan ia tidur larut malam. Tentukan waktu tidur yang tetap setiap malam, dengan durasi yang disesuaikan dengan usianya. 

• Lakukan Aktivitas Fisik
Berapa pun usia Si Kecil, ajari ia untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik ringan. Olahraga dapat meningkatkan kadar oksigen ke otak, sehingga dapat menjaga sel otak agar tetap aktif dan sehat. Aktivitas yang bisa dilakukan bermacam-macam. Jika Si Kecil masih berusia enam bulan, cukup latih ia untuk berguling, duduk, atau merangkak. Apabila usianya sudah lebih besar, Ayah bisa menuntunnya belajar berjalan atau membawanya berenang bersama, tentunya di tempat yang aman, ya.

• Biarkan Ia Bermain
Bagi anak-anak, bermain adalah dunianya. Agar otaknya berkembang baik dan sehat, biarkan ia bermain dan melakukan aktivitas yang ia senangi. Akan lebih baik juga jika ia melakukan komunikasi dan interaksi dengan teman sebayanya. Komunikasi dan interaksi sosial dengan orang lain dapat menstimulasi otak dan memperlambat risiko penurunan memori.

• Perhatikan Asupan Nutrisi
Seperti yang telah disebutkan tadi, makanan merupakan faktor penting bagi perkembangan otak dan kecerdasan Si Kecil. Berikan ia makanan yang baik sebagai peningkat daya ingat, salah satunya berbagai makanan yang mengandung Omega 3. Tidak hanya terbatas pada ikan salmon, tuna dan sarden, Omega 3 juga bisa ditemukan pada sayuran hijau seperti bayam, brokoli, selada, lobak, kacang-kacangan seperti kacang hijau dan kenari. Bekerja samalah dengan Ibu untuk mengkreasikan menu harian yang lezat untuk Si Kecil! Makanan lain yang juga baik untuk otak Si Kecil antara lain buah pisang, mangga, melon, dan semangka.

Kesimpulannya, Ayah perlu menjaga semangat untuk mengajak Si Kecil mencoba sesuatu yang baru, agar dapat membuat otaknya bekerja dengan maksimal. Coba terapkan juga beberapa tips agar anak cerdas  seperti memperkenalkannya dengan musik, membacakan ia cerita, atau mengajaknya berbicara atau mengobrol. Walau terlihat sederhana, kegiatan-kegiatan tersebut dapat memberikan efek pada perkembangan otaknya, lho. Tetapi ingat Yah, jangan pernah terlalu menuntut Si Kecil belajar sesuatu jika ia tidak menyukainya. Ia berhak memilih aktivitas yang ia senangi tanpa unsur paksaan. Selamat mencoba!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.